Cara Mengatasi Diare dan Sakit Perut Secara Alami

Sakit perut adalah hal yang alami. Kalau ga bisa BAB, pasti rasanya begah, ga enak kan? Nah..tapi kalau BABnya cair, disertai perut melilit, tentu mengganggu. Saya mengalami ini beberapa hari lalu. Kadang suka kasihan sama angin. Sering disalahin. Pilek, dibilang masuk angin. Batuk, juga dibilang mungkin masuk angin. Sakit perut, diare juga sering dibilang masuk angin. Hemm…

Awalnya, saya sempat terkena gerimis pas naik ojek online dari daerah Kuningan ke Thamrin jam makan siang. Plus angin sepoi-sepoi ganas yang ternyata lumayan kenceng. Nah, mulai deh pas malam perut mulai melilit sampai ga bisa tidur tengah malam dan BAB jam 2 pagi, encer. Alias mencret (maafkan bahasanya yah). Namun saya masih tetap berusaha ke kantor. Sok perkasa gitu deh. Maklum alumni sekolah yang isinya cewe semua jadi sok kuat. Sampe kantor, perut makin melilit, kerja juga ga fokus. Fiuh… Dan besoknya pun terkapar.

Dari pengalaman ini, yang saya lakukan untuk pertolongan pertama pada saat diare dan perut melilit adalah:

  1. Oles essential oil Young Living yang Peppermint tapi sudah diencerkan dengan minyak nabati. Tutupnya sudah saya ganti dengan roller dari YL juga. Oles di perut berlawanan dengan arah jarum jam. Juga oles di telapak kaki dan tulang punggung. It really helps to give comfort to stomach. Oh iya, kalau saya campurannya 15ml minyak nabati dicampur dengan Peppermint 3 tetes cukup. Ini bisa diterapkan juga ke balita dan dewasa ya.

    Peppermint Young Living
    Peppermint Young Living untuk Diare
  2. Banyak minum air putih hangat.
  3. Istirahat.
  4. Ke dokter (saya kemarin ke Klinik Sehat Cikeas yang dekat rumah). Tempatnya nyaman dan terbuka. Kapan-kapan saya ulas ya.
  5. Minum air rebusan daun jambu biji. Kebetulan di halaman ada pohon jambu biji. Jadi kemarin sore untuk menuntaskan pengobatan, saya mengambil segenggam daun jambu biji, dan direbut hingga airnya berkurang. Jujur rasa aslinya sepet banget. Sayapun menambahkan gula kelapa untuk membantu supaya bisa enak diminum hangat-hangat.
Daun Jambu Biji untuk Diare
Cara Alami Mengobati Diare

Puji Tuhan, sekarang saya sudah membaik dan bisa beraktifitas seperti biasa. Nah, kalau kamu diare, biasanya obatnya apa?

Note: gambar daun jambu biji ambil dari sini.

1 Comment

  1. Sabtu Seru di Live Your Passion Rally (LYPR) 2018 - bincang ringan ariwita

    July 23, 2018 at 3:14 am

    […] ini saya mau cerita sedikit tentang sisi lain saya sebagai seorang mamak. Ya, saya pengguna aktif Essential Oil Young Living. Kami sekeluarga sudah menggunakannya sekitar 3 tahunan kurang lebih. Awalnya berasa sih pas beli, […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: