Belajar Bahasa Inggris di Sinar Mas Toastmasters Club

Bingung kalau disuruh berbicara di dalam sebuah pertemuan? Ide buntu saat presentasi? Kebanyakan bilang: eeeee, mengulang kata-kata yang sama, diam beberapa saat karena ga tahu harus bicara atau menyampaikan apa lagi. Gemetar dan keringat dingin berdiri di panggung. Suara bergetar.

Pernah dong menghadapinya. Kadang kita dibatasi dengan pikiran kita sendiri. Saya pun mengalaminya. Saya paling ga suka kalau diminta memimpin forum, rapat atau sekedar berbicara di depan umum. Itu dulu. Sekarang? Ya masih kadang. Tapi jujur, setelah saya mengikuti Toastmasters, rasa percaya diri dan kemampuan untuk berpikir, berdiskusi semakin terasah.

Lalu, apa itu toastmasters? Toastmasters merupakan sebuah perkumpulan/club yang dalam setiap pertemuannya seluruh anggota dan siapapun yang hadir, harus juga wajib mengambil peran dalam pertemuan itu. Memang awalnya bingung, tapi kalau sudah pernah hadir dalam pertemuannya, minimal 3x, maka kita akan terbiasa.

Jadi, berikut adalah peran yang dibagi antar peserta yang hadir:

  • Toastmasters of the Meeting (TOM): MC/pemandu pertemuan.
  • Table Topic Master (TTM): memandu table topic session, dimana dalam sesi ini TTM mempersiapkan pertanyaan/pernyataan dan mengundang 2 atau 3 orang, serta menanggapinya dalam waktu 1-2 menit.
  • Timer: bertugas untuk memastikan setiap pembicara dan petugas memenuhi waktu yang ditentukan. Setiap sesi/pembicara memiliki batas waktu sehingga tidak berlama-lama dalam berbicara.
  • Prepared Speaker: merupakan anggota yang memang bersiap untuk berpidato/speech. Dalam toastmasters, setiap anggotanya harus mengikuti panduan modul yang telah ditentukan dalam menyampaikan pidatonya. Tujuannya, ya agar pidato dipersiapkan singkat, dapat dipahami dan mengikuti panduan yang ada untuk menghindari pesan yang berputar-putar. Dalam setiap speech, ditentukan pula batas maksimal waktunya.
  • Evaluator: bertugas untuk menilai anggota yang menyampaikan project-nya. 1 evaluator menilai 1 pembicara.
  • General evaluator:  bertugas untuk mengevaluasi secara keseluruhan pertemuan yang dilakukan, misal: apakah ada peserta yang baru pertama kali hadir, komentarnya apa, apakah pertemuan berjalan tepat waktu, dan sebagainya.
  • Ballot counter: bertugas untuk menghitung perolehan suara bagi para table topic speaker, prepared speaker dan evaluator.
  • Ah Counter: bertugas untuk menghitung kata-kata yang tidak perlu yang diucapkan oleh peserta, seperti: eeee…, ahh…, uummm…, ataupun pause yang lama sehingga ada jeda dalam speech.
  • Grammarian: bertugas sebagai polisi untuk grammatical error setiap peserta.

Lalu, setiap laporan disampaikan secara terbuka. Disinilah poin penting yang menurut saya perlu dipelajari oleh tiap peserta. Yaitu menerima koreksi dan masukan bahkan dari pendatang baru pun, anggota yang lama perlu belajar untuk menerima input. Semua orang disini dihargai, pendapat tiap orang di dengar. Hingga kini, pertemuan klub toastmasters telah mengajar saya 3 hal, yaitu: percaya diri, belajar untuk menyampaikan pesan dengan tepat dan singkat, serta yang terpenting adalah mau menerima masukan/koreksi.

Bagi yang ingin tahu lebih banyak tentang toastmasters, silakan kunjungi situsnya disini. Sedangkan bagi anda yang berkantor di sekitar Thamrin/Jakarta Pusat, dan ingin mengikut pertemuan Sinar Mas Toastmasters Club, dapat menghubungi Sdr. Heriska (+62 881-1239-370) atau Sdr. Irwan (+62 812-1993-150) untuk informasi dan jadwal pertemuan lebih lanjut. It’s never too late to start your journey with Toastmasters.

Toastmasters Club

1 Comment

  1. Semua Berawal dari Sini: Tumbuh Bersama Sinar Mas - bincang ringan ariwita

    October 9, 2018 at 6:43 am

    […] Membentuk Sinar Mas Toastmasters Club. Salah satu hal yang awalnya mission impossible buat saya adalah ketika tim kami diminta untuk membentuk Toastmasters Club, yaitu klub public speaking berbahasa Inggris. Tahapannya waktu itu kami beberapa kali club visit ke BOA Toastmasters Club yang ada di area SCBD. Karena kami pergi beramai saat makan siang, kami naik bis Transjakarta dari Thamrin ke SCBD. Ber 6 kalau tidak salah. Akhirnya setelah beberapa bulan diupayakan dan diusahakan Sinar Mas Toastmasters Club berdiri. Dan openingnya dihadiri Bapak Wardiman (dh Menteri Pendidikan). Ilmu dan pelajaran yang saya dapat di club ini? BANYAK. Bisa cek di sini […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: