Resep: Omelet Kentang & Bayam

Ya. Saya pengguna aktif Instagram. Dan biasanya kan kalau media sosial bisa membaca karakter dan kesukaan penggunanya. Jadilah..karena saya sering follow akun yang berbasis makanan dan resep, sering deh bermunculan info akun cakep tentang resep dan mengolah makanan yang mudah dan sehat.

Beberapa waktu lalu saya pernah mencoba resep omelet atau kreasi telur dadar di bawah ini dengan bahan left over food yaitu sup ayam. Jadi karena masaknya kebanyakan, masih ada sisa sayur dan ayamnya. Akhirnya saya saring ayam dan sayurnya. Daging ayam di suwir, taruh di tempat tertutup dan simpan di kulkas. Demikian juga dengan sayurnya. Besok paginya di oleh deh dengan metode dibawah ini dan jadi bekal untuk sarapan di kantor.

Sekarang, saya mau share resep sederhana: omelet (alias ndhok dadar kalau kata orang jawa) dengan kentang dan bayam.

Bahan:

  • Telur 2 butir
  • Bayam – bersihkan, ambil daunnya dan iris tipis2
  • Kentang – iris tipis2/parut kasar, cuci, tiriskan.
  • Garam
  • Merica
  • Pala (optional) – diparut
  • Keju diparut
  • Minyak/margarin

Tumis/goreng kentang dengan sedikit minyak/margarin, tutup dengan tutup panci/wajan kurleb 5-7 menit

Aduk rata: telur, bayam, beri sedikit garam dan merica.

Setelah kentang kira2 matang, tuang adonan telur, beri parutan keju, tutup lagi.

Biarkan 3 sd 5 menit, balik. Diamkan lagi hingga matang.

Jadi deh. Api nya jangan terlalu besar supaya pan nya ga kepanasan dan masakan jadi gosong. Siap dan sajikan.

Untuk kreasi, saya kadang taruh butter kemasan kecil di atas omelet saat terakhir supaya wangi. Teknik untuk membalik supaya ga hancur adalah: taruh dulu di piring, baru taruh kembali di penggorengan dan dibalik sehingga yang tadinya diatas, jadi dibawah sehingga omelet bisa matang dengan merata.

Nah kalau yang versi left over food tadi, saya hancurkan dulu sayurnya dengan garpu dan langsung aduk rata dengan telur karena semua bahan sudah matang. Jadi deh.

Mau ditambah daun bawang, bawang bombay, kentang di ganti dengan wortel kayanya juga enak. Gimana..ada yang punya resep omelet serupa? Boleh dong di share!

Leave a Reply

%d bloggers like this: