Tips Road Trip bersama Anak

Akhirnya, kami sekeluarga melakukan road family trip, berlima untuk pertama kalinya. Terakhir kali kami jalan darat pulang ke Jawa Tengah adalah di tahun 2015 ketika saya masih hamil anak ke-3. Kali ini, kami pulang lagi ke Jawa Tengah, tepatnya Blabak, Magelang, Jawa Tengah – berlima, dengan 1 anak usia 7.5 tahun dan 2 balita.

Kami mengambil perjalanan di luar musim libur, sebelum berangkat, sudah sounding ke sekolah anak bahwa kami izin membawa anak pulang kampung selama seminggu. Izin sudah dikantongi, aman. Lanjut persiapan bawaan untuk anak dan penempatan barang di mobil. Suami saya memang ada kecenderungan untuk memilih jalan darat, terlebih dengan 3 anak, selain lebih murah ongkos perjalanannya, bisa bawa barang banyak dan di tempat tujuan juga ga repot harus sewa atau meminjam mobil lagi. Kebiasaan suami saya adalah mengecek rute perjalanan, bersyukurlah sekarang semua sudah dimudahkan dengan aplikasi mulai dari Waze, hingga Google Maps, sehingga bisa dilihat terlebih dulu untuk rute mana yang macet, jam berapa sebaiknya berangkat.

Perjalanan kami dimulai hari Sabtu subuh, pukul 2 pagi. Seringnya kami memang berangkat jam segini. Sedangkan jumatnya, saya masih kerja. Sedangkan pak suami sudah di rumah seharian. Jadi sudah istirahat. Packing dilakukan setelah anak-anak tidur sekitar jam 8.30. Kami membawa 1 traveling bag, 1 koper kecil, 1 tas yang berisikan pakaian ganti untuk di jalan. Selain itu printilan lainnya, banyak. Mulai dari botol minum besar, bantal, mainan (ini aja 1 tas ransel anak sendiri). Semua di tata di dalam mobil. Kebetulan mobil kami adalah kendaraan 7-seater, sehingga penataannya demikian: area kaki di kursi belakang di taruh koper kecil yang muat disitu, dan diberi alas selimut. Sama halnya dengan area kaki di kursi tengah sebelah kanan, di taruh travel bag. Komposisi duduk dari depan ke belakang: suami di kursi kemudi, lalu Damar (si tengah), di kursi kiri, saya dan Tiara (si bungsu) di bangku tengah, dan Bre, si sulung di paling belakang.

Pengalaman road trip bersama anak tentu akan menjadi momen yang diingat oleh anak. Juga orang tua. Namun mengingat jarak tempuh yang panjang tentunya akan ada saat-saat anak merasa bosan, ngantuk, lelah ataupun mungkin pusing yang berujung pada mabuk, mual hingga muntah.

Untuk perjalanan darat jarak jauh, berikut adalah beberapa tips dari saya:

1. Siapkan dalam tas kecil yang berisikan beragam permainan. Kalau kami kemarin siapkan mainan hotwheels/mobilan di 1 tas, peralatan tulis/gambar/buku gambar/alat mewarnai di 1 tas. Tujuannya? Agar saat berhenti/rehat atau makan, mereka bisa main dengan mainan yang mereka bawa sehingga tidak merasa asing dengan tempat baru.
  2. Bawa bantal kesayangan mereka.
  3. Siapkan cemilan ringan kesukaan.
  4. Bawa essential oils untuk menyegarkan aroma mobil atau menolong ketika anak mulai mual atau pusing.
  5. Siapkan dalam 1 tas khusus untuk pakaian ganti.
  6. Sediakan kantong plastik untuk tempat sampah sehingga kendaraan tetap bersih.
  7. Tetap tersenyum jika anak mendadak sulit makan atau cranky karena perjalanan untuk dinikmati.
  8. Jika anak mulai rewel atau supir mulai ngantuk, langsung istirahat di tempat aman terdekat.
  9. Ikuti selera makan anak karena mereka perlu penyesuaian di setiap tempat yang baru mereka datangi.

Ketika bepergian bersama anak, tentu perlu penyesuaian dengan jadwal anak. Saya salut dengan para bapak ibu yang bisa mengatur jadwal dengan anak yang masih balita mulai dari pagi. Kalau saya..menyerah. Setiap mau mulai berangkat dari rumah Eyangnya anak-anak, kita selalu di atas jam 9 dengan perhitungan: anak sudah siap sarapan, mandi dan mendekati jam tidur si bungsu. Sehingga di jalan ia akan tidur sehingga ketika tiba di tempat pariwisata tujuan dia sudah segar.

Namun inti dari semuanya adalah let it flow. Ketika kita bepergian bersama anak, ikutilah ritme mereka. Karena jika kita mau memaksakan sesuai dengan keinginan kita dan saat keinginan itu tidak tercapai maka yang ada hanya rasa kesal. Tentu ga enak dong kalau liburan tapi isinya omelan mamak terus..ya kan? Jadi..destinasi selanjutnya kemana ya? Cerita dong tips road trip mamas lainnya!

Tips Road Trip Bersama Anak
Road Trip Bersama Anak: Wajah sumringah walau belum pada mandi pagi. Setelah hampir 12 jam perjalanan darat dan tetap bahagia. Anak hebat!

2 Comments

1. Mencicipi Kuliner di Magelang - bincang ringan ariwita

November 13, 2018 at 2:22 am

[…] Shop). Kunjungan wajib selalu ada ke tempat ini saat kami pulang ke Magelang. Karena kami biasa lewat darat maka selepas Semarang menuju Magelang selalu melewati coffee shop ini. Ada 2 yaitu yang di daerah […]