Mencicipi Kuliner di Magelang

Berterima kasihlah kepada media sosial juga internet yang sudah menyatukan beragam informasi. Jadi membuat hidup lebih mudah. For sure.

Jika menginap di suatu tempat tentu yang ingin kita icip adalah makanan khasnya ya. Buat suami saya, belum sah pulang ke Blabak, Magelang, kalau belum makan tahu kupat favoritnya. Berikut ini adalah beberapa referensi yang bisa dicoba ketika teman-teman sedang berada di Magelang dan sekitarnya. Sebagian ada yang memang sudah menjadi langganan keluarga dan saya, sebagian ada yang memang baru kami temukan berdasarkan rekomendasi google dan media sosial.

Kupat Tahu. Makanan khas ini dapat dijumpai di sepanjang jalan yamg menghubungkan Jogja dan Magelang. Banyak yang menjualnya dengan berbagai keunggulan masing-masing. Buat saya sih hampir sama. Namun suami saya punya warung langganan yang berlokasi di seberang pabrik kertad Blabak. Warungnya kecil namun selalu ramai. Namanya Warung Kupat Tahu Dompleng. Seporsi harganya 11ribu. Murah meriah enak. Dan vegetarian pun bisa mengkonsumsinya karena bebas protein hewani. Berisikan lontong, tahu, toge dan kol, disiram kuah kecap khas beserta kacang tanah yang digoreng dan ditaburkan pada Kupat Tahu, disantap saat tahunya baru diangkat dari penggorengan, rasanya enak banget!

Kuliner di Magelang
Kupat Tahu Dompleng

 

Kuliner di Magelang

Kampung Kopi Banaran (Banaran Coffee Shop). Kunjungan wajib selalu ada ke tempat ini saat kami pulang ke Magelang. Karena kami biasa lewat darat maka selepas Semarang menuju Magelang selalu melewati coffee shop ini. Ada 2 yaitu yang di daerah Banaran (arah Bedono) dan satu lagi yang berlokasi ke arah Salatiga/Ambarawa. Keduanya memiliki keunggulan. Untuk Banaran Coffee Shop yang berlokasi di arah Salatiga, memiliki kebun kopi dan bisa menggunakan mobil khusus untuk naik ke kebun kopi. Juga ada kolam renang dan cottage. Tersedia juga wahana permainan untuk anak seperti flying fox atau outbound lainnya. Sedangkan yang berlokasi di Banaran arah Jambu, lebih kecil namun ada pabrik kopi Banaran serta tempat pengolahan dan riset kopinya. Tempat main anak juga ada seperti perosotan ayunan dan juga hewan-hewan yang ramah anak. Kedua tempat ini memiliki keunggulan masing-masing dengan variasi makanan lokal yang enak. Favorit saya kalau ke sini adalah garang asem ayam dan rawon daging untuk anak. Kopinya jug punya citarasa yang khas. Tersedia pula kopi kemasan dan teh celup maupun bubuk yang bisa dibeli untuk oleh-oleh.

Toko Roti Anda. Buat yang rindu dengan rasa roti jadul, kalau ke kota Magelang maka anda harus ke toko roti ini. Sebenarnya dulu tidak sengaja ke sini karena lokasinya yang berdekatan dengan rumah kakak ipar. Ternyata rasanya bikin kangen. Jadilah setiap ke Magelang mampir ke sini. Kreasinya tidak kalah dengan toko roti masa kini tapi tetap dijual roti dengan rasa tempo dulu seperti roti meses, roti coklat keju juga tersedia jajan pasar yang bisa dinikmati sebagai cemilan ringan. Toko Roti Anda berada  di kompleks Skyligh Plasa, Kedungsari, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah 59155.

Reys Gelato & Coffee Bar. Menemukannya ketika browse di instagram karena mamak kepengen gelato. Akhirnya cari dan nemu si Reys Gelato ini. Lokasinya ada di Jl. Tentara Pelajar No.59A, Bayeman, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122. Variasinya banyak. Bisa pakai cup ataupun cone. Yang tergemes adalah design interiornya yang bertemakan flamingo dan warna yang cerah. Ga sabar deh ke sana lagi. Nah si Reys Gelato ini berada di sederetan kios yang menjual makanan berat juga. Ternyata ketika malam sebelumnya, kami membeli makanan via go-food ke kios makanan yang disitu yaitu Liens, yang menyajikan Chinese Food.

Kuliner di Magelang
Affogato di Reys Gelato
Kuliner di Magelang
Dekorasi Lucu di Reys Gelato

Rumah Makan Citarum, Jl. Pangeran Diponegoro No. 49, Magelang Jawa Tengah. Ya, kami sih ga datang ke restorannya, tapi kami memesan via Go-Food untuk makan malam. Yang kami pesan adalah capcay dan mie goreng. Rumah Makan ini menyajikan makanan non halal, jadi bagi yang muslim, tidak disarankan untuk mencoba ya. Rasanya enak banget, bumbunya berasa dan anak-anak juga doyan sama capcay kuahnya. Kalau ditanya mau makan lagi disana? Ya mau cuma mesti pakai penunjuk arah ya supaya ga nyasar. Hehehe

Nasi brongkos. Brongkos adalah salah satu makanan favorit saya. It brings me to my childhood moment ketika mama sering masak brongkos baik untuk pesanan juga untuk keluarga. Ketika kami sedang berkeliling mencari pasar tradisional langganannya ibu mertua yang berlokasi di Jalan jenggolo deket pasar tukangan, kami pun melihat ada warung kecil yang ada tulisan: jual nasi brongkos. Di depannya banyak jajanan pasar yang juga dijual. Akhirnya kami mampir dsn memesan 3 porsi nasi brongkos. Lengkap dengan minum harga yang kami bayar cukup 60ribu rupiah termasuk kerupuk. Rasanya? Autentik enak banget dengan daging sapi yang banyak diberikan dalam satu porsinya. Tak lupa sebelum kembali ke hotel saya membeli sebungkus klepon. Yang sungguh sangat enak. Entahlah apakah karena sedang travelling maka semua makanan terasa enak atau memang semuanya enak?

Kuliner di Magelang
Nasi Brongkos
Kuliner di Magelang
Klepon Favorit

Tentu masih ada banyak lagi tempat yang bisa di eksplore tapi karena waktu juga yang kami harus prioritas tempat yang ingin di kunjungi. Momen pulang kampung memang selalu menenangkan. Itu sedikit informasi tentang sekilas kuliner di Magelang. Semoga berguna untuk yang mau ke Magelang.

3 Comments

  1. Emmy

    November 13, 2018 at 2:32 am

    Love it sista. Jalan-jalan, makan-makan

    1. ariwita

      November 13, 2018 at 8:42 am

      he eh mbak. asal tetap ingat timbangan.

Leave a Reply

%d bloggers like this: