Resep Mangut Lele

Siapa yang ga tau ikan lele? Bahasa kecenya: catfish. Ikan berkumis kucing gitu kalik yah. Lele diakui sebagai ikan yang kaya gizi. Dan kandungan omega 6 nya pun tinggi. Pencinta lele, kalau bingung mengolah lele, cus dicoba resep mertua saya.

Mangut lele, masakan khas Jawa Tengah. Gampil kok.

Bumbu dihaluskan:

  1. Bawang merah
  2. Bawang putih
  3. Kencur
  4. Kunyit (sedikit)
  5. Garam

Cara:

Tumis bumbu halus hingga wangi, tambahkan daun salam dan laos. Jika mau pedes silakan tambahkan cabe rawit iris (kalau saya rawit utuh jadi bisa buat anak2 makan sekalian). Tambahkan santan dan aduk. Lalu masukkan lele yang sudah digoreng kering (lele bisa diganti dengan gabus yang juga ga kalah bergizinya). Cicip, kalau belum pas silakan tambahkan garam atau gula, dan bisa juga variasi dengan tambahkan tahu goreng. Makin meresap bumbunya makin enak deh. Ini resep mertua saya. Ada yang punya resep mangut lain? Share dong!

Resep Mangut Lele
Mangut Lele @ariwita

3 Comments

  1. Unagi Pie – faith, hope and love

    January 23, 2018 at 9:56 am

    […] di Jepang. Monik bilang kalau ada temannya setipe sama saya, emak-emak banget, suka momong anak, masak, perhatian sama anak. Dan akhirnya Monik bikin grup, Monik dan temannya, Melisa. Keduanya tinggal […]

  2. Resep Bistik Ayam Jawa – faith, hope and love

    January 24, 2018 at 7:47 am

    […] sih. Lebih tepat, semur ayam ala bistik jawa. Gitu kalik ya? Ya..sudahlah. Namanya juga masak di dapur sendiri, jadi ya suka-suka sendiri sehhh…yang penting enak, murah, meriah, kenyang. […]

  3. Resep: Tumis Daun Pepaya Muda – faith, hope and love

    February 26, 2018 at 3:38 am

    […] satu ciri khas rumah makan tersebut. Tapi, kalau mau mencoba memasaknya sendiri, mudah kok. Ini dia resep […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: