Unagi Pie

Jadi awal mula blog ini sebenarnya berasal dari pertemanan saya dengan Monika Takashima yang sekarang tinggal di Jepang. Monik bilang kalau ada temannya setipe sama saya, emak-emak banget, suka momong anak, masak, perhatian sama anak. Dan akhirnya Monik bikin grup, Monik dan temannya, Melisa. Keduanya tinggal di Hamamatsu, Jepang. Dan saya di Cibubur. (thanks to technology!) Nama grupnya adalah blogger wannabe. Kenapa begitu? Ya karena Melisa itu pengen banget punya blog, dan kebetulan saya sudah lama menulis di blog yang gratisan, walau jarang-jarang di update.

Karena saya merasa ilmu saya kudet alias kurang update, akhirnya saya mengundang teman kantor saya yang emang jago nge-blog, namanya mas Chandra Iman. Akhirnya, di grup itu terlahirnya blognya Melisa. Yeay!

Terus kenapa postingan ini ditulis judulnya Unagi Pie? Jadi ceritanya pas weekend, anak-anak sudah tidur semua, suami dan saya nonton saluran TV Asian Food Channel, yaitu Food Source, dan membahas tentang UNAGI alias belut. Seru banget ternyata. Belut itu kalau siang ternyata tidur. Jadi kalau di tempat pembibitannya, dikasih plastik/jaring warna gelap supaya seakan-akan gelap terus dan mereka makan, karena belut makannya saat gelap.

Lalu, kondisi airnya juga harus dijaga, ga boleh terlalu dingin atau panas. Harus selalu hangat. Orang Jepang cukup “tergila-gila” dengan belut dan belut menjadi makanan yang mandatory buat orang Jepang.

Beberapa kandungan vitamin/zat baik yang ada dalam belut antara lain, sumber dari sini:

  • Fosfor, buat yang ingin memiliki tulang yang kokoh dan kuat, menghindari pengeroposan tulang/osteoporosis, silakan konsumsi belut ini.
  • Zat Besi, berfungsi untuk mencegah anemia. Zat besi yang kurang akan mempengaruhi pembentukan hemoglobin pada sel darah sehingga kurangnya suplai oksigen ke seluruh tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh terganggu, sangat baik untuk mengkonsumsi belut ini.
  • Kalori yang terkandung dalam belut juga sangat tinggi, kalori yang tinggi membantu memenuhi kebutuhan tubuh untuk melakukan aktivitas didalam kehidupan sehari-hari.
  • Kaya Vitamin, bagus untuk kesehatan mata, perkembangan fungsi jaringan saraf, membantu membentuk protein, hormone serta membantu menormalkan tekanan darah pada otak. Sehingga dapat menurunkan resiko terkena pembekuan darah pada otak, yang merupakan manfaat vitamin B pada belut. Selain itu, manfaat vitamin A mencapai 1600 SI pada belut, yang berguna bagi pertumbuhan, kesehatan mata dan juga sistem reproduksi.
  • Arginin. Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan yang paling ditakuti, termasuk penyakit payudara. Penyakit ini begitu ditakuti oleh kebanyakan wanita. Arginin yang terkandung didalam belut memiliki fungsi yang penting yaitu melakukan penghambatan terhadap pertumbuhan sel kanker payudara. Dan bagi kita yang sangat sayang akan kesehatan jantung, maka sebaiknya mengkonsumsi belut, karena dengan mengkonsumsi belut dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung, dan juga penyempitan pembuluh darah.

Namun, disebutkan juga ternyata belut memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Untuk itu disarankan untuk mengolah belut dengan cara membakar, dan itu yang dilakukan di Jepang. Teknik mengolah belut dan membakarnya, perlu keterampilan khusus.

Ndilalah, Melisa berbaik hati sekali mau repot-repot membawakan oleh-oleh untuk mas Iman dan saya, anggota group WA bloggers wannabe cabang Bogor. UNAGI PIE. Nyambung banget sama tontonan saya. Dan pas nyampe, ih kemasannya unyu banget. Di dalamnya pun ada semacam komik singkat tentang bagaimana proses dan sejarah unagi pie ini. Gemes deh! Lalu kata Melisa, di pabrik/toko yang menjual unagi pie ini, bisa loh melihat proses pembuatannya. Bahkan pengunjung yang datang, dikasih bonus 1 bungkus unagi pie. Tentunya hal ini membuat pembelajaran akan unagi/belut serta rasa bangga akan produk lokalnya, akan meningkat. Hemmm menarik ya!

Ketika saya mencicip unagi pie ini, ternyata rasanya mirip dengan pie yang diproduksi oleh pabrik biskuit terkenal di Indonesia. Manis, gurih dan renyah. Enak banget! Anak-anak juga ga berasa kalau itu terbuat dari belut. Mereka malah nagih, minta lagi. Yah…belinya jauh Nak! Mudah-mudahan bisa beli langsung di pabriknya, sambil melihat proses pembuatannya ya. AMIN..

Di Indonesia, ada ikan lele yang dagingnya juga bisa dijadikan tepung dan diolah menjadi biskuit. Unagi pie ini bisa banget jadi referensi. Keren! Berminat membuat catfish pie?

Unagi Pie
Unagi Pie dari Jepang
Unagi Pie
Kemasan Unagi Pie
Unagi Pie
Bungkus dan kantongnya. Cute ya!
Unagi Pie
Ini bentuknya. Krispi banget!

Leave a Reply

%d bloggers like this: