Review Logico dan Fun Thinker dari Grolier

Grolier Logico Fun Thinker
Logico Primo

Saat ini, ketika terpaan gadget begitu kuat, dengan mudah anak-anak tahu dengan istilah youtube, internet dan ponsel pintar yang dapat dioperasikan dengan layar sentuh. Mudah sekali bagi mereka dan dapat dengan gampang diserap apa yang disajikan dalam tayangan yang mereka lihat.

Bagi keluarga yang tinggal di kawasan yang padat atau memiliki keterbatasan area bermain di luar ruang, tentu menjadi kendala. Nah, baru-baru ini saya sempat dikirimin sama temen saya untuk review permainan edukatif untuk anak usia 7 tahun. Mainan ini keluarannya Grolier. Temanya bermain sambil belajar. Kebetulan anak saya yang paling besar sangat suka dengan matematika. Dan metode belajar di sekolahnya pun play based learning, yaitu bermain sambil belajar. Review tentang sekolahnya, akan saya share di postingan lain waktu 🙂

LOGICO

Grolier Logico Fun Thinker

Permainan yang dikirim untuk bisa digunakan oleh anak saya, Bre, adalah Logico Piccolo untuk anak usia 5-9 tahun, pas untuk Bre yang usianya 7 tahun. Jadi permainan ini ada serinya dan disesuaikan dengan umur. Gemes ya! Logico sendiri permainan untuk mengasah kemampuan matematika anak, penambahan, pengurangan dan disesuaikan dengan warnanya. Anak saya cukup 2 kali didampingi, setelah itu dia bisa mengerjakannya sendiri. Logico terdiri dari 1 board dan 20 buku tema soal. 1 buku berisi 16 sheet lembar kerja, dimulai dari soal yang paling sederhana hingga yang paling rumit. Di boardnya ada tombol warna warni untuk dicocokkan dengan hasil dari soal yang diberikan. Saya agak lama loadingnya waktu pertama kali menggunakannya. Ternyata Bre dengan mudah bisa memahami soalnya. Ternyata jangan pernah remehkan kemampuan anak-anak. Karena kadang mereka berpikir lebih sederhana sehingga bisa lebih mudah menyelesaikan soalnya. Bre bisa Grolier Logico Picolloserius bermain ini sampai maksimal 30 – 45 menit. Anteng banget dan bisa minta terus-terusan. Karena usianya juga sudah cukup, jadi dia bisa tenang dan fokus mengerjakan soal disini. He really loves it.

Ada 3 jenis permainan dari Logice ini, yaitu Logico Piccolo, Primo dan Maximo. Informasi lebih detail tentang produk lainnya, bisa kunjungi akun IG @abc.kidsbook.

Untuk Logico Primo, memiliki button yang lebih besar agar dapat menyesuaikan untuk anak seusianya sebagai latihan untuk merangsang motorik si anak.

 

Grolier Logico Fun Thinker Grolier Logico Fun Thinker Grolier Logico Fun Thinker Grolier Logico Fun Thinker Grolier Logico Fun Thinker

FUN THINKER
Lalu, saya iseng tanya ke teman saya (@mamacanna_) yang membeli produk lain dari Grolier ini. Dan ini review atau komentar dari Mama Maudy, pemilik MamaCanna.

“Namanya Fun Thinker. Jadi kalau Fun Thinker ini untuk usia yang lebih kecil, sekitar untuk 3+ tahun. Semua tentang pelajaran maupun kegiatan sehari-hari, dikemas dengan menyenangkan sesuai nama bukunya Thinkers Fun. Bukunya dibagi 3, Thinking Skill, Math dan English. Levelnya juga ada 3. Kebetulan Audra belum bisa baca jadi dipilihin cuma yang hitung-hitungan dan gambar-gambar, tapi dia sudah sampai level 3, seneng banget 😂”

Jadi kalau komentar dari Mama Maudy, tidak disarankan anak untuk memainkan secara terus-menerus, maksimal 5 menit kecuali memang anaknya yang mau. Karena buku ini sebenarnya membuat anak berpikir sambil bermain, dan sebaliknya, bermain sambil berpikir. Jadi kita ga boleh memaksakan benar-benar ke anak untuk memainkannya. Misalnya harus selesai atau gimana. Kalau anak sudah mulai ga konsen udah 5 lembar, sebaiknya di-stop, karena nanti ibu (atau yang mendampingi) ikutan gereget jadi ga fun lagi bacanya. Harus benar-benar melihat kondisi anak, kalau santai bisa berlembar-lembar menyelesaikan dengan cepat.

Walaupun permainan ini untuk anak-anak 3 tahun ke atas, jika memang ada anak yang usia dibawah 3 tahun tertarik dan ternyata sudah bisa menggunakan permainan ini, bisa juga. Seperti teman saya, mbak Adinda, anaknya berusia 2.5 tahun tapi sudah menggunakan permainan ini.

Grolier Logico Fun Thinker

Grolier Education Games

Ada lagi testimoni keren dari rekannya mbak Adinda. Bahwa ayahnya si teman terkena stroke. Dan oleh temannya, si ayah diberikan permainan Fun Thinkers ini. Ternyata ayahnya senang dan minta lagi. Karena ternyata untuk pasien stroke, diperlukan stimulasi yang baik untuk otaknya agar pulih. Nah, fungsi dari Fun Thinkers memang untuk menstimulasi otak anak agar kreatif dan berpikir. Wah..oke banget ya ini.

Grolier Fun Thinker
Fun Thinker membantu pemulihan pasien stroke

Untuk harga, memang relatif mahal. Tapi balik lagi, investasi untuk anak memang ga akan pernah selesai kan?. Mulai dari pendidikan moral, etika, empati, pendampingan hingga memberikan permainan yang kreatif dan bermanfaat. Bagi Ibu-ibu yang kreatif, untuk permainan Grolier ini, kalau dirasa terlalu mahal, bisa juga dalam bentuk arisan. Untuk arisan 5 bulan, per orang membayar arisan seharga mulai dari 300ribu hingga 800ribu. Sedangkan untuk arisan 10 bulan, per orang bisa membayar arisan mulai dari 150ribu hingga 450ribu. Asik kan? Arisan silaturahim dapatnya buku!

Jadi silakan loh follow dan kontak mbak Adinda di IG @abc.kidsbook . Semoga informasi ini bermanfaat yaa…

(note: semua foto, sumber dari team @abc.kidsbook)

1 Comment

  1. Belajar Mendengar di Student Led Conference - bincang ringan ariwita

    April 3, 2018 at 7:47 am

    […] Lalu lanjut ke station membaca. Disana Bre diminta untuk memilih buku bacaan sederhana, diapun memilih satu lalu membacakan buku sederhana dalam bahasa inggris itu. Lalu kemudian lanjut ke food pyramid. Tema mereka beberapa waktu lalu adalah tentang food. Makanan yang sehat dan yang tidak. Sayur favorit Bre adalah brokoli dan wortel. Puji Tuhan sekarang Bre jauh lebih mudah makannya dibanding waktu masih kecil. Dan lanjut Bre cerita tentang project membuat food pyramid itu bersama teman-temannya. Dibuat dari tutup botol air mineral, lalu tutupnya ditempel dengan warna yang sama dengan latar belakang dari jenis makanan yang sehat, tidak sehat, juga junk food. Seru sih. Kebayang gimana rusuhnya saat mereka membuat dan menyusun karya ini. Lanjut ke station math. Bre diminta mengambil 2 bola, lalu dari bola tersebut ada angka dan Bre diminta menambahkan atau mengurangkan. Bre memutuskan untuk mengurang angka-angka yang ada di bola tersebut. Hehehe dulu kalau saya kecil modelnya seperti ini, it must be fun as well dan mamak jadi lebih suka math 😀 Coba tebak pelajaran favoritnya Bre? Yup. Math is.  […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: