Ngopi di Thamrin

Dulu, saya ga suka minum kopi. Baru 4-5 tahun belakangan ini mulai suka deh ngopi. Awalnya cemen, beraninya cuma yang model latte atau cappucino. Sekarang, sudah berani minum kopi hitam pahit. Kalau biasanya orang minum kopi untuk bisa tahan tidur malam, suami dan saya sepertinya ga ngaruh. Minum kopi, tetap tidurnya cepat seperti biasa.

Nah, ngopi di kantor, kadang ada yang bilang gaya hidup, gaya-gayaan atau apa. Tapi buat saya pribadi, aroma kopi itu melegakan atau bahasa kecenya relaxing. Ketika saya mulai berkantor di Thamrin, gerai yang menjual kopi sangat terbatas. Seiring dengan berjalannya waktu, sekarang makin banyak tempat untuk bisa menuntaskan dahaga dan kepenatan selepas meeting atau pertemuan yang menyita pikiran dan tenaga. Berikut ini beberapa referensi ngopi di seputaran Thamrin, atau Sinar Mas Land Plaza Thamrin, tepatnya.

Ngopi di Thamrin
Military Latte

Cart Coffee. Berlokasi di Sinarmas Land Plaza, Tower II, Jl. M.H. Thamrin No.51 Jakarta Pusat. Lokasinya berada di lantai LG gedung ini, jadi bagi para coffe lover yang mau ke Cart Cofffee, setelah masuk dari gate utama dan menukar kartu identitas di area lobby, langsung turun 1 lantai. Lokasi gerainya berseberangan dengan SOHO Supermarket. Favorit saya adalah Military Latte, yang berupa campuran coffee latte dan green tea. Bingung? Awalnya saya juga. Tapi pas nyoba, ketagihan. Rasa pahitnya green tea latte bercampur dengan aroma coffee latte. Enak banget. Saya sih prefer yang hot karena lebih kuat rasanya. Harga. Dari sisi harga, military latte ini untuk yang hot harganya 40ribu rupiah kalau ga salah. Sedangkan untuk harga latte dan capucinno dimulai dari 28ribu ke atas. Untuk espresso, 25rb-an. Juga ada paket bayar di depan, seharga 250rb, kita bisa gunakan untuk pembelian 10 cup kopinya, segala jenis variannya, dan berlaku selama 1 bulan. Kalau saya biasanya joinan dengan teman untuk beli paket ini jadi ga terlalu boros di kantong.

Starbucks Coffee. Siapa sih yang ga kenal dengan Starbucks? Yang kalau ada promo buy 1 get 1 langsung antriannya mengular? Starbucks di area Thamrin ini ada beberapa gerai. Salah satunya di Sinar Mas Land Plaza Tower 2 LG Floor, berdekatan dengan Cart Coffee yang tadi saya sampaikan. Saya pribadi sih kurang suka nongkrong di sini karena terlalu ramai dan kalau mau ngobrol atau kerja, seringnya ketemu dengan rekan lainnya. Tapi kalau lagi ada promo, ya bolehlah. Selain di SML Plaza, Starbucks telah lebih dulu membuka gerai di Menara Cakrawala, Skyline Building (Djakarta Theater) yang sempat rusak karena menjadi lokasi ledakan bom tahun 2016 lalu. Kemudian di pusat belanja Grand Indonesia juga Plaza Indonesia.

Coffeelicious. Ngpi di Thamrin bisa juga di cafe favorit bapak-bapak dan karyawan Sinar Mas Land Plaza yang mau meeting, plus sambil jadi ahli hisap. Karena disini disediakan tempat merokok. Disini tersedia makanan ringan, berat juga beragam jenis minuman. Terus terang saya jarang ke sini hehe ga tau kenapa tapi mungkin karena ga biasa saja sih ya. Menariknya, ada menu non halal disini. Crispy pork nya konon enak kata teman-teman yang sudah nyicip. Lontong sayurnya juga enak. Boleh deh kapan-kapan nyobain ke sini. Hehehe…kopinya katanya juga lumayan oke. Coffeelicious ini lokasinya bersebelahan banget sama Starbucks. Dan merekapun bisa berdampingan dengan cukup rukun.

Bengawan Solo, ada juga di Sinar Mas Land Plaza, bisa kamu temukan di area foodcourt d’Zone yang berlokasi di LG Sinar Mas Land Plaza. Dan seperti biasa Beng-sol suka ada promo buy 1 get 1 free untuk jam-jam tertentu.

Ca-Phe coffee. Cafe ini terhitung baru, dan yang dijual adalah model kopi Vietnam. Bisa juga nongkrong setelah makan siang disini, tempatnya memang cukup terbatas, tapi kalau kamu suka kopi Vietnam, monggo di coba. Ada yang hot dan ice juga. Lokasinya masih di Sinar Mas Land Plaza Tower 2 Lt LG, berderetan dengan SB dan coffeelicious.

Double Spout. My other fave. Double Spout merupakan gerai kopi kecil-kecilan yang berlokasi di EV Hive D.Lab,  Jl. Riau No.1, Menteng, Jakarta Pusat. Seperti gerai lainnya, menu yang ditawarkan juga sama, ada espresso, americano, latte, capucinno dan juga menu khusus bullet proof. Nah selain yang memang disiapkan langsung di tempat, juga tersedia yangNgopi di Thamrin ready to drink dalam botolan. Rekomendasi saya adalah caramel latte. Sampai saat ini, buat saya, belum ada yang mengalahkan rasa caramel latte si Double Spout ini. Dari dulu rasanya konsisten. Kadang kami juga sering pesan untuk meeting di kantor yang ga mau pake ribet harus siapin dispenser dan air panas. Selain CL, juga ada cold brew yang sudah dicampur susu cair namun tetap tanpa gula. Untuk harga berkisar 25ribu sd 35ribu. Dan juga ada member card. Untuk pembelian kopi 9 cangkir, akan free 1 cangkir di pembelian ke 10. Asik kan? Nah yuklah segera mampir ke Double Spout ini. Bilang saja sama security di lantai dasar bahwa kamu mau beli kopi di Double Spout. Jika beruntung, common area di Lt. 2 tempat Double Spout berada sedang kosong dan tidak ada acara, kami bisa nongkrong dulu sambil foto-foto karena tempatnya cukup instagramable. Tersedia di go-food juga loh. Tunggu apa lagi?

Opal Coffee. Jadi sebenarnya Opal Cafe ini adalah cafe sekaligus tempat roasting dan juga menjual bji serta bubuk kopi. Di ruko 2 lantai tempat Opal Cafe ini berada, lantai 1 digunakan untuk kantor juga tempat roasting dan menjual beragam jenis kopi. Bagi yang menyukai kopi bijian, bisa beli disini dan sekaligus dihaluskan. Harganya beragam dan jenis kopinya pun bermacam. Kemudian di lantai 2, ada Cafe yang menyediakan makanan western seperti pasta, lasagna juga makanan Asia (nasi lemak, nasi goreng, ayam goreng). Serunya, ada kok menu paketan makan siang yang sudah mendapatkan secangkir capucinno atau latte. Harganya juga lumayan bersahabat di kantong untuk tanggal yang tanggung menjelang gajian. Dengan 50ribu rupiah, kamu sudah bisa mendapat seporsi nasi lemak/nasi goreng plus secangkir latte or capucinno. Hore kan? Buat yang mau nyobain Opal Cofee, silakan datang langsung ke Jl. Riau No.8A, Gondangdia, Jakarta Pusat. Kopi disini rekomen banget. Beruntung kalau pas kamu lagi ke sini bertemu dengan mas-mas yang menangani roasting jadi bisa tanya-tanya.

Ngopi di Thamrin
Ngopi di Opal Coffee

(gambar nyomot di: sini)

Eric Kayser Cafe di French Embassy, Jl. M.H. Thamrin No. 20, Thamrin, Jakarta. Pintu masuk ke French Embassy memang ada di jalan Sunda, tapi kalau kamu mau mudah, bisa masuk dari Jl MH Thamrin, kalau nemu pintu kaca yang ada security (di sebelah gedung SML Plaza arah Sarinah), masuk ke situ dan setelah melalui pintu penjagaan, di dalam ada pusat kebudayaan Prancis yang menyediakan perpustakaan di lt. 2 dan juga cafe Eric Kayser. Ada banyak pastry dan makanan western juga asia.

Saudagar Kopi, Jl. Sabang. Siapa sih yang ga tau jalan Sabang yang banyak jajanan kalau malam? Salah satu spot favorit saya di sana adalah Saudagar Kopi. Tempatnya bikin adem, nongkrong dan ngobrol juga asik banget di sana. Kalau teman saya favoritnya di sini Ice Mocca, kalau saya tetap hot latte. Enak banget. Nah disini juga ada cemilan yang lucu-lucu, ada singkong goreng, pisang goreng, sosis goreng dan frech fries. Juga ada makanan beratnya. Pas kok buat duduk-duduk cantik sambil ngobrol. Sekarang mereka ada 2 lantai, yang lantai 1 untuk non-smoking area, dan yang lantai 2 untuk smoking area. Dan buka dari jam 7 pagi.

Selain tempat-tempat diatas yang sudah saya share, ada beberapa yang awam di gedung Sarinah, ada Atjeh Connection, Kopi Nyai (nyempil asik murah meriah coffee to go), Excelso dan Caribou. Jadi buat yang di sekitaran Thamrin, ga usah bingung kalau mau ngopi. Bisa dicoba salah satu tempat ngopi di Thamrin yang saya share ini. Semoga bermanfaat yaa… Kamu sudah ngopi hari ini?

6 Comments

  1. Emmy

    March 19, 2018 at 7:54 am

    Keren. Jangan lupa kakak. Apapun shio kamu, ajak shio kelinci kalau ngopi. Biar makin ramai suasananya

    1. ariwita

      March 19, 2018 at 7:56 am

      hahahaha boleh kakak! ngopi yuk!

  2. Melisa

    March 19, 2018 at 10:53 pm

    Wah mantap. Lengkap sekali.

    1. ariwita

      March 21, 2018 at 12:17 am

      Hahaha thanks loh sis! ditunggu mampir di thamrin klo pas balik Indo ahahahah

  3. Sofie M.

    April 3, 2018 at 2:23 pm

    Review yg lengkap dan mantap! Favoritku so pasti Cart Coffee! 🤗🤗 jadi pingin ngopi.

    1. ariwita

      April 4, 2018 at 6:44 am

      Haha thanks! Iya, Cart Coffee emang juwara. Wkwkwk :p

Leave a Reply

%d bloggers like this: