Pengalaman Menggunakan Tol Trans Jawa

Tahun ini, kami sekeluarga kembali menempuh perjalanan darat, dan perdana menggunakan Tol Trans Jawa. Pengalamannya? Seru tentunya. Nah buat para orangtua dan keluarga yang mau melakukan perjalanan darat via tol trans jawa, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan.

  1. Tentukan jam keberangkatan. Jam berapa kira2 kita ingin berada di tol. Karena arus lalu lintas kemungkinan berbeda kepadatannya di jam-jam tertentu. Biasanya kami berangkat dini hari ataupun malam.
  2. Lakukan pengecekan arus lalin melalui aplikasi google maps ataupun waze untuk mengetahui rute terbaik dari rumah menuju tol. Jika rute biasa macet, bisa mempertimbangkan rute alternatif. Kami pernah mencoba jalan yang belum pernah kami lalui bermodalkan waze menuju tol Cikampek. Dan waktu tempuh kami lebih cepat dibanding rute biasa.
  3. Pastikan emoney anda terisi dan cukup hingga keluar tol di daerah tujuan.
  4. Pastikan bensin kendaraan anda penuh.
  5. Cek bahan bakar kendaraan dan isi sebelum benar-benar habis. Antisipasi antrian di SPBU.
  6. Pastikan kondisi kendaraan anda baik dan layak untuk menempuh perjalanan jauh.

Saat mudik lebaran 2019 ini, kami berangkat dari cibubur pukul 4 subuh. Dan tiba di rumah Magelang pukul 1.30 siang. Sudah dengan rehat 1x di tol untuk sarapan dan makan siang di Banaran Jawa Tengah. Sedangkan untuk kembalinya ke Jakarta, kami menempuh waktu cukup panjang karena berbarengan dengan arus balik. Kami berangkat pukul 9 malam dan tiba di rumah pukul 9 pagi. Namun sudah dengan 1x rehat di rest area karena suami saya mengantuk, kemudian saat sudah tiba di Cibubur kami mencari sarapan dulu sebelum kembali ke rumah.

Lalu, apa saja yang harus disiapkan dalam perjalanan darat, terutama yang memiliki anak kecil? Biasanya saya selalu siapkan cemilan, juga sereal dan susu kotak cair. Sehingga jika sudah jam sarapan atau makan siang dan mereka sudah lapar, tinggal siapkan sereal jika mereka minta. Namun saya juga biasanya siapkan roti dan buah. Kadang memang orang tua terlalu sibuk dengan persiapan amunisi untuk anak, sedangkan mereka di jalan terkadang tidur, atau sibuk melihat kendaraan lainnya. Belum lagi jika ada salah satu anak yang suka mabuk darat sehingga jangan lupa siapkan antimo.

Bermain di Banaran Coffee Shop setelah menempuh perjalanan 7 jam dari Jakarta

Satu lagi, siapkan lagu pengiring yang menjadi favorit mereka. Seperti perjalanan terakhir kami, anak-anak sedang suka banget dengan lagu soundtrack The Greatest Showman. Akhirnya, lagu itu diputar terus berulang dan membuat mereka tidak bosan dalam perjalanan.

Bagi parents dengan anak kecil, akan lebih mudah jika memulai perjalanan di saat jam anak tidur, sehingga mereka tidur dulu di awal perjalanan, dan ketika sudah sampai setengah perjalanan, mereka bangun dan segar tinggal berhenti untuk snack atau makan.

Pengalaman melalui tol trans Jawa kali ini sangat menyenangkan bagi kami. Tidak terbayang jika perjalanan dari Jakarta bisa ditempuh dalam waktu singkat, tidak hanya ke Jawa Tengah tapi juga hingga ke timur Jawa. Jika dibandingkan dengan perjalanan sebelumnya kami ke Jawa Tengah melalui jalur utara, tentu jalur Tol Trans Jawa waktu tempuhnya lebih singkat. Sehingga bisa sampai di tempat tujuan dengan waktu yang lebih bisa dipastikan. Hanya pastikan saja pengemudi istirahat cukup dan pendamping pengemudi juga dapat menggunakan aplikasi untuk mengetahui kondisi depan kendaraan macet atau tidak.

Saat ini Tol Trans Jawa telah bisa dinikmati oleh banyak warga pulau Jawa. Proses pembangunan tol Trans Sumatra masih berlanjut. Saya pun sedang merayu suami agar jika nanti tol Trans Sumatra minimal sudah sampai Jambi, kami bisa roadtrip hingga Pekanbaru, mengunjungi orangtua saya.

Bangga deh dengan pemerintah saat ini yang berani mengambil langkah perbaikan infrastruktur di Indonesia. Semoga pembangunan merata hingga ke timur Indonesia. Semoga informasi singkat tentang pengalaman menggunakan Tol Trans Jawa ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: