Kota Wisata, Hunian Ideal Keluarga Muda

Hemm…beli mobil dulu atau KPR Rumah ya? Aduh tapi kalau ambil KPR rumah, cicilannya besar, pasangan saja belum punya. YHHAAAA….hehehe siapa yang begini hayo ngaku! Memang harus diakui, harga rumah sekarang semakin mahal, belum lagi lokasinya yang jauh. Mau tinggal di pusat kota Jakarta? Pilihannya sekarang adalah indekos buat yang lajang, rumah susun atau apartemen. Bisa dibilang, tinggal di Jakarta adalah kemewahan. Akses yang mudah kemana-mana, juga tingkat “gengsi” bisa menjadi faktor penentu. Tinggal dimana? Di Mampang, atau Kebayoran (wih Jaxel banget nih!). Atau juga ada yang jawab: Grogol, atau Puri, atau Cipinang.

Tapi bisa dibilang, dari 10 orang yang ada di kantor tempat saya bekerja, yang tinggalnya murni di DKI Jakarta hanya 3. 7 lainnya adalah commuter yang tinggal di: Bintaro (yang masuk area Tangerang Selatan), Cibubur (yes, that’s me), Bekasi, Depok, juga Bogor. Sebenernya apa sih yang menjadi kriteria seseorang menentukan beli rumah dulu atau beli mobil dulu? Tergantung kebutuhan masing-masing lagi ya. Tapi sebenarnya yang dibilang orangtua jaman dulu, lebih baik punya rumah dulu baru mobil/kendaraan itu benar adanya. Harga rumah/tanah, selalu bertambah. Dan bisa dianggap sebagai investasi jangka panjang untuk harta/benda yang tidak bergerak. Sedangkan untuk mobil, motor, jika sudah melewati masa pakainya, misalnya 5-6 tahun, ketika dijual, harganya pasti turun.

Hunian yang tepat, tentu berlokasi di area yang tepat pula. Area pinggiran Jakarta, yang populer dengan istilah Jakarta coret sudah menjadi incaran dan target pagi warga untuk mencari tempat tinggal yang layak. Lalu, apa sebenarnya yang patut menjadi pertimbangan dalam memilih hunian? Terutama bagi keluarga muda. Boleh ya berbagi sedikit pengalaman.

Lokasi.

Jarak antara tempat tinggal dan tempat kerja tentu menjadi pertimbangan. Terlebih jika adanya keterbatasan fasilitas transportasi umum. Ditambah dengan kebijakan ganjil genap sekarang ini, tentu merepotkan jika harus membawa kendaraan pribadi. Bisa ditelusuri beragam moda transportasi yang ada di lokasi perumahan yang kita taksir, potensi perkembangan fasilitasnya, juga akan baik jika ada tempat parkir di dekat pool moda transportasi umum. Selain itu, lokasi rumah yang berada di dalam kompleks perumahan dengan sistem cluster sangat membantu bagi pasangan yang bekerja. Sehingga dari sisi keamanan tentu lebih terjamin juga aspek kedekatan dengan tetangga sehingga bisa membantu mengawasi anak saat anak ditinggal hanya dengan pengasuh.

Fasilitas Umum.

Tempat ibadah, rumah sakit, sekolah, taman bermain. Tentu merupakan hal yang mutlak ada dalam sebuah kompleks perumahan. Apabila ketiga hal tersebut sudah ada, tentu sangat memudahkan pasangan muda yang memiliki anak, sehingga anaknya tidak harus dikirimkan ke sekolah yang jauh dari tempat tinggal. Taman bermain – tentu menjadi sebuah hiburan yang murah, mudah, sehat dan dekat dengan rumah. Akan menjadi poin lebih jika sarana tersebut ada dalam kompleks perumahan.

Akses Jalan.

Sebuah perumahan yang memiliki banyak akses ke berbagai jurusan tentu akan mempermudah penghuninya. Terlebih jika ada akses keluar/masuk tol yang langsung dari depan kompleks perumahan. Wah itu sih idaman banget ya!

Sebagai warga Cibubur yang bangga terhadap kawasannya, baru-baru ini saya diajak berkeliling dan melihat fasilitas yang ada di perumahan Kota Wisata. Jadi saya baru tahu kalau nanti akan ada akses keluar tol dari Cijago-Cibitung, persis di gerbang perumahan. Selain itu akan ada rumah sakit bertaraf internasional, yaitu Eka Hospital yang akan segera beroperasi. Semakin lengkap deh fasilitas yang ada di Kota Wisata. Beberapa waktu lalu, saya sempat cerita tentang serunya bermain di Taman Kota, Kota Wisata. Selain Kota Wisata memiliki sarana bermain dan berolahraga yang seru dan gratis, jangan lupa mampir di pusat jajan Pasar Modern Kota Wisata. Mulai dari olahan seafood, pecel ayam, juga ada bakmi godok legendaris. Kalau sebuah perumahan sudah dilengkapi dengan sarana kuliner yang lengkap, tentu sangat menolong terlebih jika asisten khusus di rumah tangga sedang mudik.

Cluster Nashville Kota Wisata

Nah, yang masih seru lagi adalah, walaupun perumahan Kota Wisata ini sudah berdiri dari tahun 1996, hingga kini terus melakukan perbaikan dan pembangunan. Kemarin sempat mengintip cluster Nashville yang baru dikembangkan. Duh, melihat rumah contohnya bikin pengen. Iya, pengen punya rumah di sana. Kebayang kalau anak-anak lelarian di depan rumah tanpa takut ada kendaraan besar yang sliweran, juga dekat ke sekolah, dan ada tempat nongkrong, Starbucks yang sekarang dalam tahap pembangunan.

 

Jadi buat keluarga muda yang masih mencari rumah nih ya…coba deh mampir ke Kota Wisata Cibubur. Banyak yang bilang Cibubur macet banget. Jangan kuatir, semua kemacetan akan terurai ketika tol sudah jadi, dan semua kelelahan akan terbayarkan jika kita tiba di rumah, hunian aman, nyaman, dengan fasilitas yang lengkap seperti Kota Wisata.

Terjawab dong ya, jika bisa mempertimbangkan lebih penting mana investasi di kendaraan atau di rumah? Tentunya RUMAH.

Semoga bisa menjadi inspirasi yaa sharing berfaedah kali ini. Terima kasih sudah menyimak #bincangariwita! 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: